Nuzulul Quran dan 4 Peristiwa Besar Bersejarah yang Terjadi di Momen 17 Ramadhan

oleh

Uri.co.id – Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan memperingati Nuzulul Quran atau malam diturunkannya Al Quran.

Nuzulul Quran diperingati setiap 17 Ramadhan yang pada tahun 2019 atau 1440 H ini jatuh pada Selasa (21/5/2019) malam.

17 Ramadhan selain momen turunnya Al Quran, juga memiliki keistimewaan lain. Peristiwa-peristiwa bersejarah dalam Islam dan Nusantara terjadi pada 17 Ramadhan.

1. Kemenangan Perang Badar

Tanggal 17 Ramadhan 2 H / 13 Maret 623 M umat muslim merayakan kemenangan di dalam Perang Badar Raya.

Peristiwa ini merupakan tonggak perjuangan umat muslim yang dipimpin Nabi Muhammad melawan orang-orang Quraisy yang selama 13 tahun melakukan penindasan terhadap kaum muslimin.

Pertempuran di Badar adalah pertempuran besar pertama antara umat Islam melawan musuh-musuhnya.

Perang ini terjadi pada 17 Maret 624 Masehi atau 17 Ramadhan 2 Hijriah.

Pasukan kecil kaum Muslim yang berjumlah 313 orang bertempur menghadapi pasukan Quraisy dari Mekkah yang berjumlah 1.000 orang.

Setelah bertempur habis-habisan sekitar dua jam, pasukan Muslim menghancurkan barisan pertahanan pasukan Quraisy, yang kemudian mundur dalam kekacauan.

2. Wafatnya Ali Bin Abi Thalib

Tanggal 17 Ramadhan 40 H / 12 Agutus 660 M menjadi hari berkabung bagi umat muslim, pasalnya pada hari tersebut Ali bin Abi Thalib syahid akibat sabetan pedang Ibnu Muljam yang mendarat di kepala menantu Nabi Muhammad.

Diceritakan waktu itu Ali bin Abi Thalib sedang berada di masjid untuk menjalankan ibadah Salat Subuh.

Ali bin Abi Thalib, termasuk orang yang pertama masuk Islam (as sabi-qunal awwalun).

Beliau dikenal sebagai pemuda yang sangat gagah dan pemberani, fasih berbahasanya dan luas ilmunya. Disamping sebagai keponakan Nabi, beliau juga salah satu menantu kesayangan Nabi.

3. Kemenangan Atas Byzantium

Tanggal 17 Ramadhan 218 H / 12 Agustus 838 M umat Islam menetapkan kemenangan atas Bynzantium dalam Perang Amoria dibawah kepemimpinan Khalifah Al Mu’tashim Billah, salah seorang khalifah dari khilafah Abbasiyah.

Perang Amoria disulut atas permohonan umat islam di negeri itu kepada khalifah yang terkenal dengan ungkapan “wa mu’tashimah”.

Beliau mengirim pasukan yang besar dan dahsyat untuk memberi pelajaran kepada penguasa Bynzantium saat itu untuk tidak meremehkan umat Islam yang ada di negerinya.

4. Indonesia Merdeka

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 disebut-sebut juga bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan.

Meski begitu masih terjadi perdebatan, pasalnya menurut perhitungan pelaku sejarah dan beberapa ahli, pembacaan detik-detik proklamasi itu bertepatan 9 Ramadhan.

Meski begitu tetap saja kemerdekaan Indonesia pada saat bulan Ramadhan.

Nah itu tadi peristiwa-peristiwa penting di tanggal 17 Ramadhan selain peristiwa turunnya ayat Al quran pertama kali atau Nuzulul Quran.

(Uri.co.id/Noor Masrida)

 Uri.co.id  Keistimewaan 17 Ramadhan 1440 H Selain Peringatan Peristiwa Nuzulul Quran, Ada 4 Fakta Lain ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!