Tawarkan Pesona Keindahan, Pantai Lepar Belinyu Tetap Dikunjung Wisatawan Selama Ramadan

oleh

Uri.co.id– Pantai Lepar Belinyu Bangka menawar berbagai pesona keindahan. Biasanya dalam sepekan, pantai ini dikunjungi tak kurang 500 pengunjung. Namun selama bulan Ramadan, kedatangan pengunjung menurun.

Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Kapitan Hijau, Juan Apriansyah selaku pihak pengelola pantai tersebut, Kamis (16/5/2019) mengatakan, penurunan jumlah pengunjung yang masuk karena kondisi saat ini masyarakat sedang menjalani ibadah puasa.

Namun demikian, walau sedang berpuasa, Pantai Lepar tetap dikunjungi. “Kalau sebelum puasa, hitungan dalam seminggu diatas 500-an pengunjung yang datang. Tapi kalau puasa dalam minggu ini hanya sekitar 200 hingga 300 pengunjung yang masuk,” kata Juan kepada Uri.co.id, Kamis (16/5/2019).
Suasana Pantai Lepar Belinyu yang dikelolah oleh Kelompok Tani Hutan (KTH) Kapitan Hijau.

Suasana Pantai Lepar Belinyu yang dikelolah oleh Kelompok Tani Hutan (KTH) Kapitan Hijau. (Ist)

Diakui Juan selama Ramadan pengunjung datang pada saat menjelang sore hari. Pengunjung rata-rata muda-mudi yang menghabiskan waktu menunggu datangnya waktu berbuka puasa. “Kalau sekarang selama Ramadan, anak muda mudi saja yang berkeliaran keluar masuk pantai. Mereka Ngabuburit,” katanya.

Pada hari normal sebelum puasa, pengelolah pantai kata Juan mematok harga parkir kendaraan bagi pengunjung Rp 3000 permotor. Sedangkan. Pada Hari Minggu, duit parkir yang dikenakan Rp 5000 permotor.

“Senin sampai Jumat biasa kami ngambil parkir Rp 3000 permotor. Kalau Hari Minggu di pintu gerbang Rp 5000 permotor. Namun itu sifatnya tidak memaksa. Bagi pengunjung yang tidak ada duit, silahkan masuk gratis,” katanya.

Uang yang sudah dikumpulkan dari pengunjung digunakan untuk keperluan pengelolaan pantai. Keperluan tersebut antara lain untuk pembelian air beraih 2 ton perminggu, beli kayu buat pagar, keperluan pewangi toilet dan kebersihan WC, konsumsi pengelolah pantai dan sebagainya.

“Kadang anak sekolah biasa pulang les pelajaran main ke Lepar, kadang rasa tidak tega pungut duit parkir,” kata Juan menyebut selama Ramadan, aktifitas forum atau komunitas mereka lebih banyak diistirahatkan.(Uri.co.id/Ferylaskari). ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!