Akibat Harga Tiket Mahal dan Jadwal Sungailiat Triathlon 2019 Berubah. Jumlah Peserta Berkurang

oleh

Uri.co.id — Event Sungailiat Triathlon yang bakal berlangsung pada 15 Juni 2019 mendatang, diakui oleh panitia banyak mendapatkan kendala dari jumlah peserta yang jah uberkurang dengan tahun sebelumnya.

Berkurangnya animo peserta ini karena faktor harga tiket mahal dan jadwal event yang harus diundur karena pelaksanaan Pilpres. 

Ketua Panitia Sungailiat Triathlon, Dustin Wyrmand, mengatakan hingga saat ini peserta hampir mencapai 300 peserta, berbeda dengan tahun sebelumnya yang mencapai 500 peserta.

“Untuk peserta hampir mencapai 300 dengan jumlah 11 negara. Tahun kemaren 500 lebih peserta, tahunya sebelumnya 18 negara dan sebelumnya lagi 23 negara. Ini harus balik ke tanggal awalnya itu yang paling penting, sudah tradisinya Sungailiat Triathlon pada bulan April Minggu ketiga,” ungkap Dustin kepada Uri.co.id, Kamis (16/5/2019).

Dustin menambahkan penyebab lainnya sehingga membuat kurangnya peserta yakni karena harga tiket yang mahal menjadi faktor penyebab berkurangnya peserta Sungailiat Triathlon.

“Harga tiket kita luar biasa, sehingga menjadi faktor kurangnya peserta yang mau datang, biasanya pulang pergi, hanya Rp 1.500.000 ini harga segitu hanya untuk pergi saja, atau satu kali jalan,” ungkapnya.

Akibat berkurangnya peserta, sambung Dustin juga berdampak pada kesuksesan dan pencapaian Triathlon tahun ini, yang tentunya berpengaruh kepada pendapatan pendaftaran yang diterima oleh panitia.

“Mengelola orang 200 orang dengan 2000 orang itu capeknya hampir sama, tapi pendapatanya berbeda, jadi berat, mesti ada dukungan Pemerintah kalau mau masih ingin terus berjalan, kedua ini sudah di swastakan ada swasta yang mengelola, dan mencari dana pemerintah saat ini hanya menyiapkan uang tunai, piagam dan plakat,”ucapnya.

Sehingga menurutnya dengan kondisi ini perlu ada dukungan semua pihak agar Sungailiat Triathlon tetap bertahan dan masih menjadi event Internasional yang ada di Provinsi Bangka Belitung.

“Harusnya dibarengi dengan promosi yang lebih gencar, kemudian terlepas dari itu harus kita akui Sungailiat Triathlon ini sekarang banyak tandinganya di beberapa daerah baru mengadakan event serupa, namun kota kita tetap berupaya semaksimal mungkin untuk menarik perhatian pengunjung untuk datang ke pulau Bangka,”ujarnya.

Sementara, Bupati Kabupaten Bangka Mulkan, menyatakan hal yang sama menurutnya tingginya harga tiket pesawat berdampak pada minimnya animo pendaftar event Sungailiat Triathlon.

“Tetapi sampai hari ini kami terkendala masalah jumlah peserta untuk yang internasional. Ditambah dengan melambungnya harga tiket ini, dari peserta tahun kemarin mencapai 600 peserta, sekarang baru mendaftar 200 peserta lebih. Kami mohon dukungan dari provinsi terkait ini,” kata Mulkan belum lama ini.

Menurut Mulkan, wisata akan hidup apabila wisata dari luar Bangka Belitung, khususnya mancanegara, datang berkunjung. Hal ini, menurut Mulkan, sangat dipengaruhi harga tiket pesawat.

“Di event kami, Triathlon itu sangat berdampak. Akan digelar 15 Juni, sebulan lagi. Ini jadi kekhawatiran kami, dan itu terasa sekali. Apalagi ini Triathlon yang ke-7, harapan kami bisa lebih ramai dari yang terdahulu, tetapi ini terdampak harga tiket ini,” katanya.

(Bangka Pos/Riki Pratama) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!